IRAMA

Irama

Irama merupakan bahasa sehari-hari yang sering kita dengar di kepala kita..Tapi apakah tahu apakah makna irama tersebut..Irama adalah ketukan yang dilakukan secara teratur.Irama akan memperindah musik sehingga banyak orang dapat merasakan keindahan musik.

Irama juga mempunyai istilah lain yaitu ritme.Irama atau Ritme adalah pengaturan bunyi dalam waktu. Menurut gitarpedia ritme adalah pengaturan logis rangkaian bunyi berdasarkan lama singkatnya ia dibunyikan agar menghasilkan sebuah gagasan musikal, tanpa not sekalipun kita masih bisa membuat musik yang berupa kumpulan bunyi tetabuhan ritmis, sebaliknya, musik tidak akan lengkap apabila tidak ada ritme, sekalipun kita memiliki macam-macam not dan warna suara.

ritme adalah suatu bagian dari melodi atau lagu. Ia berhubungan dengan distribusi not-not dalam waktu dan tekanan not-not itu. Not-not dalam waktu ini diberi berbagai nilai.

Ritme harus dibedakan dengan matra. Secara sederhana, matra adalah pengelompokan ketukan-ketukan dasar yang tetap dari suatu lagu. Dalam musik populer, ia disebut beat, suatu kata bahasa Inggris yang berarti “ketukan” dalam bahasaIndonesia. Jenis-jenis matra membentuk jenis-jenis birama seperti 2/4, 3/4, 4/4, 6/4, 3/8, 6/8, 9/8, dan 12/8. Angka di sebelah kiri garis miring menunjukkan jumlah ketukan per birama; angka di sebelah kanan menunjukkan nilai not dasar yang melandasi berbagai nilai not yang membentuk ritme suatu lagu.

Dari uraian pengertian di atas saya dapat menyimpulkan bahwa irama atau ritme merupakan unsur yang penting bagi pembentukan suatu musik.

Melodi

Melodi yaitu susunan rangkaian nada ( bunyi dengan getaran teratur ) yang terdengar berurutan serta berirama dan mengungkapkan suatu gagasan. Di dalam pengertian melodi di atas, ada bunyi dan juga getaran. Maksud dari bunyi di sini yaitu peristiwa getaran. Sedangkan getaran bunyi itu dapat cepat dan dapat pula lambat. Jika suatu sumber bunyi bergetar dengan cepat, maka bunyi yang dihasilkan tinggi. Contohnya, gelang kaki atau gerincingan. Dan jika sumber bunyi itu lambat, maka bunyi kedengaran rendah. Contohnya, bunyi tambur besar.

Melodi ialah rangkaian nada secara tunggal yang terdengar satu-satu.Dari pengertian tersebut dapat diketahui bahwa melodi terdiri dari nada-nada yang terangkai secara teratur.Nada-nada tersebut terangkai secara teratur dengan tinggi nada tertentu dalam sebuah sistem nada yang membentuk tangga nada tertantu.

Dalam belajar melodi,pertama-tama yang harus kita ketahui adalah mengenai notasi melodi.Notasi melodi adalah lambang-lambang yang menunjukkan tinggi rendahnya nada dalam melodi dituliskan dalam beberapa cara,seperti menggunakan balok not,huruf dan angka, Selain notasi melodi,kita juga harus mengetahui tentang tanda-tanda kromatis.Tanda-tanda kromatis terdiri dari tanda krois yang berfungsi untuk menaikkan not setengah nada lebih tinggi,tanda nol yang berfungsi untuk menurunkan not setengah nada dan tanda pugar untuk mengembalikan not ke tinggi nada semula.

Melodi adalah suatu gabungan dari rangkaian tingginada (pitch) dan ritme. Rangkaian tingginada dan ritme ditandai oleh rangkaian not dan tanda-diam dengan bermacam-macam nilai. Tergantung kebutuhan, harmoni – gabungan dua, tiga, empat nada atau lebih menurut aturan tertentu – dan lirik adalah bagian lain dari melodi.

http://edukasi.kompasiana.com/2010/11/30/makna-sebuah-irama-dan-melodi/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s